Takut Kalap Shopping Online? Lakukan 5 Tips Ini

Belanja menjadi salah satu kegiatan yang seru dan membahagiakan, terutama bagi seorang wanita. Melihat berbagai produk yang cantik dan terbaru pastinya menumbuhkan keinginan ingin membelinya hingga kalap. Untuk bisa mengontrol diri dalam berbelanja, Anda bisa melakukan tips agar tidak kalah shopping online.

tips-shopping-online

Buat Daftar yang Dibutuhkan

Sebelum berbelanja, biasanya Anda akan menyiapkan daftar belanja. Hal ini juga harus Anda lakukan meskipun membelinya secara online karena justru produk yang ditawarkan semakin bervariasi. Jangan sampai niat membeli piring justru membeli pakaian yang tidak dibutuhkan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membuat daftar belanja apa saja yang dibutuhkan. Coba tuliskan satu persatu barang yang dibutuhkan dan akan dibeli, seperti perlengkapan mandi, memasak atau untuk keperluan lainnya. Jangan lupa untuk menotalkan perkiraan harga yang harus Anda keluarkan.

Membuat Anggaran dan Menetapkan Budget

Belanja online memudahkan kita dalam melakukan pembayaran, bisa melalui ATM, teller bank, supermarket hingga penggunaan kartu kredit. Hal inilah yang seringkali menyebabkan seseorang kalap saat shopping online. Untuk itu, Anda harus menentukan anggaran dan budget di depan sebelum berbelanja.

Dengan daftar belanja yang sudah dibuat, Anda akan mengetahui berapa budget yang diperlukan. Nominal tersebut bisa menjadi patokan bagi Anda sebagai batas maksimal saat berbelanja. Jadi, Anda tidak boleh melebihi budget yang sudah ditentukan. Tidak mudah memang melakukannya sehingga dibutuhkan komitmen dalam diri.

Berhentilah Berlangganan

Dalam akun email Anda, mungkin ada beberapa pesan masuk yang berisikan promosi di berbagai situs belanja. Berlangganan email promosi ini memang memudahkan Anda mengetahui promosi yang sedang berlaku dan melihat harga-harga pada produk tertentu. Hanya saja, email promosi bisa membuat Anda kalap dalam berbelanja.

Saat menerima email promosi, bisa saja Anda langsung tergiur dengan produk yang ditawarkan karena kebetulan merupakan produk yang disukai. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai berhenti berlangganan email promosi agar Anda tidak lagi menerima kontak masuk yang berisi berbagai penawaran menarik.

Hindari Belanja Tanpa Rencana

Belanja tanpa rencana memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengeluarkan uang yang lebih banyak. Namun, barang yang Anda beli bukanlah barang yang dibutuhkan, melainkan yang diinginkan. Pada akhirnya, barang tersebut tidak akan terpakai dan hanya menghabiskan uang. Oleh karena itu, jangan belanja jika belum direncanakan.

Karena setiap hari kita memegang smartphone, maka mudah bagi kita untuk mengakses situs belanja online atau media sosial dari online shop tersebut. Meskipun pada awalnya hanya melihat-lihat, bisa jadi kita akan tergiur untuk membelinya. Sebaiknya, bukalah situs toko online jika hendak berbelanja saja.

Berhenti saat Sudah Mendapatkan Barang

Internet memudahkan kita untuk melihat berbagai produk yang dijual di situs belanja online. Seringkali kita masih berselanjar meskipun sudah mendapatkan produk yang akan dibeli. Hal ini memberikan kesempatan bagi kita untuk membeli produk lain yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Untuk menghindari kalap saat berbelanja online, ada baiknya jika kita berhenti setelah mendapatkan barang yang dibutuhkan. Segera tutup situs belanja online atau letakkan smartphone setelah barang sudah dipesan untuk menghindari keinginan lebih berbelanja barang-barang yang tidak diperlukan.

Demikian informasi mengenai tips cerdas agar tidak kalap saat shopping online. Dengan adanya toko online, kita menjadi lebih mudah dalam berbelanja dan melakukan pembayaran. Namun, kita juga harus bijak dalam berbelanja agar tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan karena akan sia-sia.

Add Comment